CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

cuma klik bisa dapat uang

Kamis, 11 Desember 2008

obat penurun kolesterol

Banyak obat tradisional dan herbal mencantumkan nama daun jati belanda dalam kandungan resepnya. Sebenarnya apa kehebatan daun jati belanda ini?Jati belanda merupakan tanaman asli dari Brasil (koq belanda??), yang sekarang banyak ditemukan di Indonesia dan banyak digunakan sebagai obat tradisional (menurunkan berat badan). Bagian yang dimanfaatkan adalah daunnya. Dengan kandungan utama lendir, tannin dan alkaloid. Ketiga zat ini walaupun memiliki mekanisme kerja yang berbeda namun dapat saling menunjang dalam menurunkan kadar lemak dan kolesterol darah.
Berdasarkan penelitian, jika daun jati belanda digunakan secara oral (diminum), lendir yang terkandung akan mengembang di dalam lambung, sehingga menyebabkan tertekannya nafsu makan. Lendir ini merupakan polisakarida yang susah dicerna, dan bisa dikatakan serat diet, sehingga memiliki kemampuan menyerap lemak dan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi. Sementara kandungan tanin menyebabkan memadatnya lapisan lendir saluran pencernaan sehingga menghambat penyerapan zat-zat makanan (termasuk lemak dan kolesterol) oleh saluran pencernaan. Kandungan alkaloid memiliki efek menghambat aktivitas enzim lipase, yaitu dapat menghambat pemecahan lemak menjadi molekul-molekul lemak yang lebih kecil, sehingga terjadi pengurangan jumlah lemak yang dapat diabsorbsi.
Kolesterol sendiri merupakan salah satu jenis lemak dalam tubuh yang berguna untuk membentuk dinding sel dan berbagai hormon seperti : hormon seks, pembungkus jaringan syaraf, membuat vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang, bahan pembentukan asam dan garam empedu yang berfungsi untuk mengemulsi lemak, juga untuk perkembangan sel-sel otak pada anak-anak sehingga keberadaannya dalam tubuh dengan jumlah yang normal sangat bermanfaat. Oleh karena itu pengaturan menu makanan harus diperhatikan, sehingga jumlah kolesterol dalam tubuh tetap normal. Lakukan pola hidup sehat untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan tanpa merugikan diri sendiri.
http://www.ilmu-kesehatan.com/2008/11/obat-penurun-kolesterol/

0 komentar: